2017, Perangkat Mobile Dominasi Akses Internet Global

2017, Perangkat Mobile Dominasi Akses Internet Global

Penggunaan smartphone masyarakat Indonesia sudah mencapai angka 40% dari jumlah penduduk saat ini. Bahkan pertumbuhan penggunaan internet ini sudah mencapai angka 80-90 juta pengguna.

Meskipun belum sampai setengahnya, setiap tahun pengguna internet Tanah Air terus bertambah pesat. Pertumbuhan penggunakan internet beberapa waktu belakangan ini membuat Indonesia termasuk dalam salah satu negara tercepat untuk tingkat pertumbuhan  internet dunia.

Jika dibandingkan dengan penggunaan jaringan online, mobile internet bisa dikatakan sama tinggi soal tingkat pertumbuhannya. Dari data global firma riset digital Zenith, setidaknya 75% jaringan internet akan digunakan pada perangkat mobile atau smartphone.

Mobile Advertising Forecast pernah merilis laporan mengenai pertumbuhan tersebut. Untuk proposi internet yang berbasis mobile pada 2012 sudah menyentuh angka 40%. Pada 2016, persentase tersebut naik jadi 68% dan diprediksi melejit hingga  75%. Riset Zenith tentang penggunaan perangkat mobile dilakukan di 60 negara.

Sebagai catatan,  Spanyol merupakan negara tertinggi pengguna mobile internet sebesar 85%, disusul Hongkong 79%, lalu Tiongkok 76%, dan terakhir Amerika Serikat sebesar 74%.

Tingginya penggunaan internet mobile di Spanyol diprediksi stagnan untuk setahun kedepan, dengan perkiraan pertumbuhan sekitar 1% saja. Untuk Hongkong diprediksi akan melonjak sekitar 8% pada 2016 dari angka sebelumnya.

Salah satu yang mendorong naiknya penggunaan internet mobile dikarenakan banyaknya smartphone yang muncul di pasaran, menurut Zenith. Jika dibandingkan pada 2012, hanya 23% saja pengguna smartphone di 60 negara sampel dan 4% yang memiliki tablet.

Sementara itu jika dihitung pertumbuhan setiap tahun, peningkatan penggunaan perangkat mobile mencapai 2,4 kali lipat atau sekitar 56% dalam kurun empat tahun. Prediksi itu juga memunculkan spekulasi, penggunaan smartphone akan terus bertambah menjadi 63% pada  2018, dan didominasi warga negara Eropa Barat plus Asia.

Bahkan, untuk negara seperti Irlandia saja mengalami peningkatan yang cukup spektakuler, sekitar 92% dalam penggunaan smartphone. Kemudian, diikuti Singapura dengan pertumbuhan pengguna smartphone sebesar 91%. Posisi kedua negara itu tidak berubah secara persentase dalam penggunaan perangkat mobile pada  2018.


Sumber : marketeers.com

admin
admin
Administrator of Parama Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *